Rabu, 21 November 2018

Jumlah Uang yang Beredar

Berapakah jumlah Uang Yang Beredar di masyarakat ? mungkin itulah satu pertanyaan yang jarang sekali dipertanyakan anmun membutuhkan jawaban yang kredibel mengenai peredaran uang pada perekonomian tanah air. uang beredar dalam arti luas atau M2 (likuiditas perekonomian) dikethaui tumbuh stabil pada bulan April 2018 yang lalu.
Uang yang Beredar
Uang yang Beredar

BI atau Bank Indonesia juga mencatat bahwa posisi likuiditas perekonomian M2 sebesar 5.408,6 triliun rupiah atau tumbuh sebesar 7,5% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya yakni bulan April tahun 2017 (YoY), pertumbuhan ini terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan likuiditas perekonomian yang terjadi pada bulan maret 2018 yang mampu tumbuh sebesar 7,5% jika dibandingkan dengan angka uang beredar pada bulan maret 2017 (Yo).

Sejumlah penyebab dapat mempengaruhi pertumbuhan M2 / likuiditas perekonomian yakni seperti komponen uang beredar dalam arti sempit atau M1 yang diketahui mampu untuk tumbuh sebesar 10,2% (Yo), angka ini terlihat menurun dari bulan sebelumnya yang mempu menembus angka sebesar 11,9% (Yo). Sementara itu, jumlah uang yang dikuasai mengalami peningkatan pertumbuhan sehingga menjadi 6,5% (YoY) jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya mencapai 6,2% (YoY0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar